Tuesday, March 15, 2016

Cara Makan Buah Delima dan Manfaatnya Sebagai Obat

Buah delima atau Pomegranate bukan merupakan buah asli dari Indonesia, namun keberadaanya sangat mudah ditemui di Indonesia. Buah delima dapat ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias. Buah delima dapat ditanam di dalam pot atau bisa juga langsung ditanam di tanah.  ada tiga macam delima, yaitu delima putih, delima merah, dan delima ungu.

Cara Makan Buah Delima


Cara Mengonsumsi Buah Delima dan Manfaatnya

Buah delima memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Namun banyak orang hanya menjadikan buah delima sebagai tanaman hiasan di halaman rumah saja, tanpa mau memanfaatkan khasiat yang terkandung di dalamnya. buah delima yang sudah matang sering kali dibiarkan begitu saja jatuh di tanah dan menjadi sampah. Padahal, buah delima memiliki banyak manfaat bagi manusia. 

Biji buah delima sangat kaya akan minyak alami, bahkan kandungan minyak dalam biji delima dapat mencapai 20% dari berat total biji delima. kandungan terbesar dari minyak biji delima ini adalah asam linoleat dan asam lemak omega-3. Selain minyak alami, komposisi biji delima lainnya terdiri dari protein, serat kasar, vitamin, mineral, dan senyawa polifenol.

Kemalasan seseorang untuk mengonsusmsi ataupu memanfaatkan buah delima mungkin dipicu juga sulitnya mengeluarkan isi buah delima yang berupa biji-bijian berwarna merah itu dari cangkang buahnya. 

Sebenarnya, buah delima bisa dikeluarkan tanpa alat khusus. Untuk mengeluarkan isi dari buah delima, memiliki cara tersendiri. Caranya, belah buah delima menjadi dua bagian. Setelah buah delima dibelah menjadi dua, ambil sebuah sendok makan dan siapkan priring atau mangkuk untuk wadahnya nanti. Ambil buah delima yang sudah dibelah tadi, posisikan di atas wadah dengan punggung buah berada di atas. Selanjutnya, gunakan sendok makan untuk memukul-mukul punggung buah delima sampai isi buah delima habis tak bersisa. Dengan cara seperti ini, isi dari buah delima akan keluar tanpa memerlukan waktu yang lama. Dan selanjutnya kamu bisa menikmati buah delima sesuai selera.
Buah delima bisa dinikmati dengan cara dimakan langsung, atau dibuat menjadi jus. Cara membuat jus dari buah delima sama seperti membuat jus dari buah-buahan lain. Caranya, ambil isi atau biji buah delima, lalu masukkan ke dalam blender. Masukkan sedikit es batu yang sebelumnya sudah dihancurkan. Kamu bisa tambahkan sedikit gula pasir atau sirup agar rasanya manis. Kemudian blender bahan-bahan tadi hingga tercampur rata. Bila kamu tidak suka teksturnya yang kasar saat diblender, kamu dapat menyaringnya terlebih dahulu. Tuangkan pada gelas dan siap untuk dihidangkan.

Setengah cangkir porsi biji delima beserta daging buah tipisnya diketahui dapat memberikan 72 kalori, 1,5 gr protein, 16 gr karbohidrat, 3,5 gr serat pangan, dan 0 gr lemak bagi tubuh. Selain itu, untuk porsi yang sama, biji dan daging buah tipis buah delima dapat memasok sekitar 16% vitamin K dan 10% vitamin C dari jumlah asupan harian yang disarankan bagi orang dewasa. 

Manfaat Buah Delima sebagai Obat Alami

Mencegah kanker

Buah delima dapat menghentikan kerusakan sel dan mencegah kanker, terutama kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru-paru.  Jumlah zat antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan zat besi dalam buah delima bermanfaat untuk memerangi dampak radikal bebas. 

Mencegah penyakit jantung

Antioksidan dalam buah delima akan menurunkan kolesterol jahat (LDL),  dan meningkatkan kolesterol baik(HDL) . Dengan demikian akan meningkatkan aliran darah ke jantung, sehingga membuat jantung tetap sehat. 

Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dalam buah delima sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah delima yang berukuran menengah mengandung sekitar 15 % vitamin C dari kebutuhan harian. 

Menyehatkan Kulit

Vitamin C yang banyak terdapat dalam buah delima berguna untuk membantu memproduksi kolagen untuk kulit yang sehat. Zat antioksidan yang tingga dalam buah delima akan melindungi kulit dari polusi, mencegah penuaan dini, dan kanker kulit. Buah delima juga membantu meregenerasi sel kulit, menghilangkan sel-sel mati dan kulit kusam, sehingga akan membuat kulit menjadi sehat dan bersinar. 

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com